Laman

Selasa, 25 Oktober 2011

Touring Pelantikan Bernuansa Brotherhood

Anyer….sudah kesekian kalinya sih aku mengunjungi Anyer…..tapi kunjungan kali ini sangat berbeda. Apa bedanya…..? Ya bedanya kunjungan ku ke Anyer kali ini bersama rombongan teman teman Komunitas Honda Supra X 125 Community (HSX 125 C). Sebenarnya ini bukan kunjungan pertaama kali, yang membuat beda adalah kunjungan ini merupakan kunjungan untuk mengikuti kegiatan Touring Pelantikan Angkatan 17 bagi member member Prospek untuk mendapatkan ID. Sebenarnya aku sudah melewatin 2 event pelantikan, dari event pelantikan angkatan 15. Tidak ada kata terlambat untuk bisa mendapatkan ID.

Untuk bisa menjadi member yang mengikuti pelantikan tidak hanya sekedar mengikuti saja tapi ada beberapa persyaratan yang harus diikuti yaitu : harus memenuhi kuota kehadiaran saat KOPDAR, memiliki motor HSX 125, SIM, dan mengikuti Safety Ridding Course (SRC).  Kegiatan SRC aku ikutin sebanyak 2 kali yang pertama diikutin pada tanggal 5 Maret 2011 di lapangan parkir Dinas Perikanan dan Kelautan Bambu Apus Jakarta Timur yg berkerja sama dengan Main Dealer Honda Jakarta – Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati  (WMS) mengadakan event Safety Riding Course (SRC) dan yang ke dua mengikuti SRC pada tanggal 26 Maret 2011 di PT. Mitra Sendang Kemakmuran (MSK) selaku Main Dealer Honda wilayah Banten.
Ketika mengikuti SRC pertama di Bambu Apus
Ketika mengikuti SRC pertama di Bambu Apus
Pada hari sebelum dipublish akan diadakan event pelantikan Angkatan 17 ini, Motor HSX 125 BE 6012… ku ditarik kantor….yah maklum namanya juga motor inventaris…..Agar aku bisa ikut Pelantikan, akhirnya aku coba mengajukan kridit motor HSX 125. Aku dibantu Bro Arifan #157 untuk bisa ambil kridit. Maklum aku di Jakartakan perantauan jadi aku belum punya KTP setempat. Dengan bantuan bro arifan #157 aku bisa buat KTP Bekasi dengan alamat rumahnya bro arifan #157. Setelah persyaratan lengkap aku dibantu bro Indra #218 untuk proses kridit motornya (kebetulan dia kerja di dealer motor). Proses pengajuan kridit dan persyaratan sudah lengkap….tepat pada tanggal 9 Maret 2011 motor ku datang….Salut dengan sikap Brotherhoodnya Bro Arifan #157 , beliau mau susah payah mengurusi hingga motor ku keluar bahkan beliau sendiri yang memilih warna dan langsung ambil ke dealernya. Ternyata semua itu bro Arifan lakuan sebagai Kado Ulang Tahun ku…..terima kasihOmRifan…..
Di detik-detik menjelang pelaksanaan Pelantikan aku mengalami banyak kendala. Plat Motor ku belum keluar juga dari dealer. Hingga waktunya Skrut pertama tanggal 18 Maret 2011 plat no motor ku juga belum datang, begitu juga pada skrut ke dua. Aku sempat ragu apakah aku bisa mengikuti event pelantikan kali ini. Tapi disinilah terlihat jelas betapa indahnya jiwa Brotherhood. Lagi-lagi aku dibantu oleh Bro Indra #218, Bro Arifan #157 dan Bro Fadi #191. Mereka bertiga sangat membantu mencari informasi bagaiman caranya agar plat No ku bisa keluar tepat waktu sebelum hari keberangkatan. Tepat sehari sebelum hari keberangkatan, Bro Indra #218 menginformasikan kalau plat no ku sudah bisa diambil, berhubung aku tidak bisa meninggalkan kerjaan maka aku dibantu Bro Fadi #191 untuk mengurusin itu semua. Ketika sampai rumah aku sangat terharu karena HSX ku sudah dipasang platnya dengan rapih. Hati kecil ku berteriak akhirnya aku bisa berangkat pelantikan.
Jumat tanggal 25 Maret 2011, sebelum berangkat ke Panahan, jam 20:00 Wib aku kumpul dulu di Kanchap (Kantor chapter) Bekasi. Tepat pukul 21:30 Wib  kami berenam Bro Fadi #191, Bro Bagus #221, Bro Wahyu , Bro Yunda dan Bro Togu berangkat ke Panahan untuk persiapan keberangkatan pelantikan. Dari Chapter Bekasi mengirim empat membernya yang akan dilantik, termasuk aku. Saat sampai di lokasi keberangkatan Senayan, sudah berkumpul beberapa teman HSX 125 C yang akan mengikuti touring pelantikan angkatan 18. Setelah didata ternyata ada 54 motor yang akan ikut touring pelantikan ke anyer. 22 motor peserta touring pelantikan yang terdiri dari :  4 member chapter Bekasi, 4 member mother chapter Jakarta, 8 member chapter Tanggerang, 2 member chapter Bogor, 4 member chapter depok. Dan sisanya member yg ber ID.
Perjalanan dimulai dari pukul 00:30 WIB hari Sabtu tgl 26 Maret 2011, rombongan dibagi menjadi 2. pukul 2:35 WIB kita sampai di Pitstop pertama yaitu di SPBU Jayanti selama 30 menit berisitirahat maka kami melanjutkan lagi perjalanan menuju kota Serang
Tepat pukul  3:35 WIB kami memasuki kota serang dan beristirahat di Mesjid Agung kota Serang. Disini kami sudah disambut dengan teman teman dari HSX 125 Chapter Serang. Sambil menunggu sholat subuh kami beristirahat di teras Mesjid, setelah sholat subuh kami kembali berkumpul di halaman parkir kota Serang. Untuk member yang akan dilantik dikumpulkan ditengah halaman untuk melakukan diskusi terbuka dengan Bro Saichu #018 dan Bro Lember 020 dan beberapa member ber Id lain mengenai safety ridding. Kegiatan ini sebenarnya tidak masuk di rundown acara tapi ini digelar untuk menunggu kehadiran kedatangan teman teman dari Sumatra yaitu Bandar Lampung, Prengsewu dan Jambi, selain itu juga agar kita sesama member yang akan dilantik dapat saling mengenali satu sama lain.
Ketika mengikuti SRC pertama di Bambu Apus
Tepat pukul 08:00 WIB, Bro Panji Mucay #121 menginstruksikan agar kami untuk bersiap siap dan melakukan perjalanan ke PT. Mitra Sendang Kemakmuran (MSK) selaku Main Dealer Honda wilayah Banten. Untuk melakukan kegiatan Safety Ridding Course. Ketika sampai dilokasi ini saya sangat kagum karena ditempat ini memang dikhususkan untuk kegiatan pelatihan safety ridding course.Dengan mengiktui Safety Ridding Course ini banyak pengetahuan mengenai berkendara yang aman, mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kecelakaan dalam berkendara (manusia, kendaraan, jalan dan cuaca) hingga berbagi pengalaman para peserta bagaimana cara menghilangkan rasa mengantuk. Bukan hanya teori saja yang diberikan tapi langsung praktek. Dari peraktek bagaimana cara duduk yang benar, menjaga keseimbangan, teknik pengreman, teknik menikung, hingga teknik bagaimana cara yang benar memarkirkan motor. Kegiatan SRC ini ajib banget dah…..aku jadi tau berkendaraan yang  baik….pengalaman baru bagi aku.
Setelah selesai mengikuti kegiatan ini sekitar pukul 14:40 kami langsung menuju tempat pelantikan. Sampai di Villa sekita jam 15:30 dan langsung beristirahat. Di Villa teman teman panitia sudah menyiapkan makanan. Suasana Villa sangat menyenangkan terletak dipinggir pantai dengan deru ombak yang membuat hilang rasa cape. Sekitar pukul 18:10 kami dikumpulkan kembali oleh panitia untuk mempersiapkan diri sekalian melakukan sholat dan makan malam. Tepat pulul 21:00 Panitia membuka acara seresehan . Diacara ini kami diperkenalkan kepada semua member HSX 125 C. Diceritakan juga sejarah berdirinya Comunitas ini oleh Bro Saichu #018 . Selain beliau ada juga Bro Lamber #020, Bro Herlun #002 sebagai salah satu pendiri, Bro Arif  #043 Maketum, Bro Andre #033 Maketum dan temen temen Pengurus Pusat lainnya. Jadi Di acara seresehan ini saya jadi mengetahui terbentuknya comunitas dan jadi lebih mengenalnya.
Persiapan pelantikan
Tepat pukul 00:00 tgl 27 Maret 2011 dengan kondisi hujan gerimis acara proses pelantikan di mulai. Ada 28 anggota prospek yang akan dilantik.. Dari 28 member yang akan dilantik 2 diantaranya wanita….ya termasuk aku. Kami  dikumpulkan dihalaman depan Villa dan panitia membagi menjadi 6 kelompok. S Aku berada dikelompok pertama bersama Tika member dari Bandar Lampung, Bro Ino dari depok dan Bro Ferry dari Jambi. Proses Pelantikan dimulai pada pukul 00:45, tahap awal kelompok ku menuju
POS 1 didampingi oleh Bro Rusmana #238. Di Pos 1 ini kedatangan kami disambut oleh Ketum periode 2011 s/d 2013 Bro Budi #136, Maketum Bro Arif #043, Maketum Bro Andre #033 dan beberapa member lainnya. Sekitar  20 menit kami dipos ini banyak pertanyaan yang diberikan seputar sejarah berdirinya Comunitas ini  tapi ada satu pertanyaan yang dari Bro arif #043 yang tidak bisa kami jawab yaitu : Apakah HSX 125 C gabung dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia). Akhirnya pertanyaan tersebut menjadi PR pertama dari kelompak kami
Setelah selesai di Pos 1 kami melanjutkan perjalanan dengan mendorong motor ke pos 2  yang jaraknya kurang lebih 300 meter. Masuk Pos 2  kami disambut dengan beberapa member yang notabennya mereka merupakan pengurus pengurus pusat dan pengurus chapter yang wajah wajahnya Sangat familiar seperti Bro Igun #216, Bro Bagus #221, Bro Kimung #204, Bro Rino #198, Bro Radya #112, dan pengurus lainnya. Disini kami diberikan beberapa pertanyaan mengenai sejarah chapter masing masing. Di pos ini saya Sangat  percaya diri banget, hampir semua pertanyaan yang diberikan bisa kami jawab. Pertanyaan dari Bro Igun #216 yang menanyakan siapa saja pengurus Divisi IT,  ketika menjawab pertanyaan itu ternyata saya salah menyebutkan ID Bro Radya yaitu 115. Tapi karena ke PDan itu lah saya tetap bersikukuh kalau Bro Radya itu memang pemilik ID #115, tapi akhirnya  kami berempat masing masing tetap diberikan PR. Selanjutnya kami menuju Pos 3 dengan tidak mendorong motor tetapi disini kami diuji Bro Ino motornya tidak bisa distater, kami membantu beliau. Hanya 5 menit akhirnya trobel bisa diselesaikan, ternyata busi motornya Bro Ino dilepas. Aku pikir ini pasti ulah jahil salah satu panitia.
Di POS 3 terlihat jelas penghuni penghuninya bertampang serem tapi menggemaskan….disini merupakan POS Tatib ya. Ada Bro #Edo 156, Bro Panji Igoy #087, Bro Bahlul #177 dan para Tatib dari pengurus chapter. Disini kami lebih banyak diberikan pertanyaan mengenai safety ridding dan trobel shooting kendaraan. Dari awal saya pribadi sudah mempersiapkan diri untuk pasrah jika sudah memasuki pos ini. Ketika ditanya jika terjadi trouble dijalan dengan gampangnya saya menjawab “Saya akan telpon teman teman HSX 125 C yg bisa bantu saya atau saya akan dorong motor ke bengkel terdekat”. Karena hampir banyak pertanyaan yang diberikan tidak bisa kami jawab maka kami dihukum untuk menyanyikan lagu S*MASH yang saat itu sedang tenar. Inget kejadian itu saya jadi tertawa sendiri…..lucu habis dah.
Akhirnya tiba juga kami di POS 4, kalau mendengar cerita dari member yang sudah pernah dilantik POS 4 ini  menyeramkan, karena penjaga posnya adalah mereka mereka yang bisa dikatakan sesepuhnya komunitas ini apalagi ada Bro Lember #020. Aku jadi penasaran seseram apakah mereka? Ketika memasukin Pos 4 kami disambut dengan Bro Saichu #018, Bro Mancunk #007 , Bro Herlun #002 dan Sis Widya #023. Untungnya saat saya masuk POS 4 Bro Lember #020 sedang tidur  jadi suasana tidak terlalu tegang. Di Pos ini kita diminta untuk memberikan komitmen yang jelas kenapa kita mau bergabung di komunitas ini. Ketika saya dikasih pertanyaan itu saya hanya berkata “Saya ikut dikomunitas ini selain saya hobby jalan jalan dengan menggunakan motor saya juga mencari komunitas yang bisa saya angap sebagai keluarga bisa berbagi baik suka dan duka”. Kami yang ada di Pos ini cukup lama juga karena Bro Ino dan Bro Feri memberikan jawaban yang berbelit belit sehingga akhirnya kami diberikan tugas untuk memberikan pernyataan komitmen kami secara tertulis.
Tepat pukul 04:00 akhirnya prosesi pelantikan dari Pos 1 hingga Pos 4 selesai juga, masih ada waktu untuk berisitirahat. Akhirnya saya sangat memanfaatkan waktu itu untuk mengerjakan PR terlebih dahulu selang 30 menit kemudia kami istirahat. Pukul 07:00 sambil sarapan pagi kami berkumpul diruangan dan mulai mencari jawaban PR yang belum terjawab.  Pukul 10:00 kami peserta pelantikan diwajibkan mengumpullkan PRnya ke masing-masing pemberi PR. Pukul 11:00 panitia memerintahkan untuk berkumpul dihalaman depan Villa. Disini kami diberi pengarahan dari panitia mengenai prosesi pemberian ID. Ternyata masih ada kegiatan lagi yang mesti kami jalankan yaitu mencari kunci motor disemak semak. Wah disini diuji deh rasa solidaritas kita, masing masing member mesti menemukan kunci masing masing. Untungnya kami sudah menghafal nomor kuncinya. Tapi akhirnya dari 28 peserta hanya satu peserta yang kuncinya tidak ditemukan yaitu kuncinya Bro Akbar. Ternyata ini hanya permainan saja, Bro Akbar ternyata terpilih menjadi salah satu member terbaik untuk angkatan 17 dan mendapatkan ID cantik #262, bukan hanya Bro Akbar saja yang diberikan ID cantik ternyata bro Edwin juga sebagai peserta pelantikan terbaik dengan mendapatkan ID #252. Suara tepuk tangan sangat meriah terdengar ketika penyematan ID diberikan. Aku mendapatkan ID #258. Lega rasanya bisa masuk ke Kartu Keluarganya HSX 125 Community yang menjadi keluarga baru bagi ku.
Keluarga baru
Kesan yang mendalam yang aku dapat dalam kegiatan ini adalah rasa persaudaraannya Brotherhoodnya luar biasa, khususnya untuk teman teman dari Chapter Bekasi. Dari awal persiapan untuk pelantikan hingga akhir terselesainya kegiatan ini. Terima kasih secara khusus saya ucapkan untuk Bro Arifan #157, Bro Fadi #191, Bro Indra #218, yang telah besusah payah mengusahakan Motor HSX 125 saya cepet keluar No Platnya. Tanpa bantuan mereka belum tentu saya bisa mengikuti pelantikan angkatan 17 ini. Keep Brotherhood yah…..One Heart.
Angkatan 17, Anyer III

Tidak ada komentar:

Posting Komentar