Laman

Jumat, 04 November 2011

Pantai Selaki....Kenangan Yang Tidak Akan Hilang Tertimbun


Sudah hampir 10 thn aku merantau diberbagai daerah di Indonesia. Sebagai orang perantauan aku pastinya selalu memperkenalkan diri dan menceritakan daerah asala ku ke teman teman baru. Pertanyaan yang paling banyak aku dapat adalah " Di daerah mu tempat wisatanya apa? Dengan bangganya aku pasti menjawab : di Lampung  mempunyai banyak pantai yang indah-indah. Dari sekian banyak pantai yang ada di Lampung aku paling sering menceritakan Pantai Selaki.

Di Pantai Selaki ini banyak kenangan masa-masa sekolah dulu. Aku, Mira (adik ku), Adis (sepupuku) dan Ane (sepupuku) suka sekali mengunjungi pantai ini sepulang dari sekolah. Dengan mengendarai mobil dari kota Bandar Lampung dengan jarak kurang lebih 45 KM dan waktu tempuh hanya 30 menit dari rumah, kami suka sekali mengunjungi pantai ini. Yang aku sukai dari pantai ini saat itu adalah pemandangan lepas pantainya. Walau pengelolaan pantai ini belum sebaik pengelolaan Pantai Pasir Putih tapi pantai selaki mempunyai daya tarik sendiri.



Pasirnya yang lebih bersih, pondok-pondok yang tersusun rapih, pohon-pohonan yang bikin sejuk, pemandangan lepas pantainya yang indah membuat ku merasa nyaman. Kadang untuk mencari ketenangan dalam berkonsentrasi belajar aku dan saudara saudaraku mengunjungi pantai ini untuk belajar. Sambil bawa bekal makanan dan setumpuk buku pelajaran duduk bergelar tikar di samping mobil yang terparkir. Wah.....suasan nyaman banget......kadang aku suka tertidur dengan buku menutupi wajahku. Ingat kenangan itu suka bikin aku tertawa sendiri.

Di pantai Selaki ini juga aku suka membawa mainan mobil-mobilan, kami berempat bermain mobil-mobilan diatas pasir yang sudah kami bentuk terlebih dahulu. Hal ini terinspirasi dari film kartun jepang Tamiya yang tahun 1990an lagi ngetren. Pasir yang lembut dan bersih ini yang membuat inspirasi untuk membuat arena balap mobil. Lucu sebenarnya kami berempatkan cewe-cewe tapi kami suka main mobil-mobilan di pantai ini. Kenangan yang tidak bisa terlupakan.

Tapi apakah suasana Pantai Selaki saat ini masih seperti 10 tahun yang lalu? Selentingan aku pernah mendengar kalau pantai selaki akan dilakukan penimbunan/reklamasi oleh pengelola Pantai?  Tapi hal ini ditentang oleh sebuah LSM Mitra Bentala karena menurut LSM ini jika dilakukan reklamasi akan mengganggu  dan merusak terumbu karang dan mangrove di pesisir Tanjung Selaki. Wah.....benar juga sih apa yang di perdebatkan LSM ini, Keindahan dari Pantai Selaki akan hilang...... Please dong jangan buang keindahan Pantai Selaki ini.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar