Laman

Sabtu, 15 September 2012

B3536 Touring To East Java "Sidoarjo" (Suramadu) Part 3__END__



Perjalanan dari Bromo memang melelahkan. Sampai Sidoarjo lagi kami langsung beristirahat dan mempersiapkan diri untuk acara Deklarasi Chapter Sidoarjo. Acara ini dimulai pada jam 19:00, lokasi deklarasi diadakan di pendopo Kelurahan Desa Renjeni Sidoarjo.



Tamu yang hadir lumayan rame, dari acara pembukaan, perkenalan, hingga potong tumpeng cukup hikmat dan bersahaja. Dalam acara ini ada yang unik dan menyita perhatian....yaitu sosok laki-laki muda yang ternyata pejabat Lurah di desa tersebut......berdasarkan info dari Bro Ali #292 pak Lurah tersebut baru menjabat jadi lurah dalam 2 minggu ini.






Pada Pukul 20:30 maka resmilah HSX 125 Community Embrio Sidoarjo menjadi HSX 125 Community Chapter Sidoarjo. Suasana suka cita terpancar diwajah teman-teman di Sidoarjo. Perjuangan mereka untuk mendirikan komunitas ini akhirnya di sahkan dengan pemotongan tumpeng. Acara akhirnya ditutup dan teman-teman sidoarjo mengadakan seresehan dikediaman Bro Ali #292.

Besok harinya suasana suka cita masih terasa. Teman-teman mempersiapkan dirinya untuk melakukan perjalanan pulang ke Jakarta. Pukul 13:00 WIB akhirnya kami membikin keputusan sebelum pulang ke Jakarta harus mampir dulu ke tempat Lumpur Lapindo dan ke Suramadu. Hal ini diputuskan karena melihat pak Gerald #250 yang antusia banget ingin ke tempat tersebut. Memang sih kaga afdol katanya kalau ke Surabaya tidak ke Lumpur Lapindo dan ke Suramadu. Padahal kita disana sih cuman ingin Foto-foto.

Jam 13:00 kami melakukan perjalana ke Lumpur Lapindo, ternyata mau masuk lokasi ini kami dikenakan biaya  Rp 5.000/motor. Setelah memasuki lokasi terucap istighfar.....Astaghfirullah.....bayangkan akibat luapan lumpur ini 16 desa dari 3 kecamatan terendam dengan lumpur pada tahun 2006. Luapan lumpur ini pertama kali terjadi pada tanggal 29 Mei 2006 di Dusun Balongnongo Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.






Permasalahan akibat Lumpur ini masih belum terselesaikan sampai sekarang. Banyak warga yang dirugikan tapi sampai sekarang belum mendapat kompensasi. Di lokasi ini masih ada warga yang melakukan demo menuntut pemerintah untuk segera menyelesaikan persoalan ini. Lokasi Lumpur Lapindo saat ini menjadi tempat wisata, banyak pengunjung diluar Surabaya datang kesini. Hal ini dimaanfaatkan warga untuk mendapatkan sedikit rejeki.

Setelah Kami puas untuk berfoto-foto, kami melanjutkan perjalanan ke Suramadu. Suramadu adalah Jembatan Nasional yang menghubungkan pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura. (di Bangkalan tepatnya Timur Kamal). Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009[2]. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur


Ketika memasukin Gerbang menuju jembatan Suramadu....decak kagum terucap.....Subahanallah.....indah banget.....dan luar biasa. Kami menikmati perjalanan diatas jembatan ini......menyebrangi lautan tanpa mesti naik kapal....ingin rasanya berhenti dan foto-foto di jembatan ini....tapi disini kita tidak boleh berhenti. Foto-foto hanya bisa diambil di ujung jembatan.







Wajah suka cita teman-teman terlihat jelas.....tidak peduli terik matahari dan rasa panas.....mereka sibuk dengan kamera masing-masing.....berfoto-foto ria....ada yang langsung update di Facebook dan Twitter. Pedagang souvenir juga sibuk untuk menawarkan dagangannya. Setelah puas berfoto-foto ria akhirnya tepat jam 18:00Wib kami kembali ke Surabaya. Aku,Bunda Puji #095, Edwin #252 dan Bhoy Prospek masih stay di Sidoarjo, teman-teman yang lain seperti Bro Fadi #191, Bro Bagus #221, Bro Budi #136, Om Mancunk #007 dan Istri, Pak Gerald #250, Bro Wahyu Eko #277, Bro Fajar #213, Jheriko #260 kembali ke Jakarta.......

Nice Trip dah.....Memang kalau mau ke Jawa Timur khususnya ke Surabaya jangan sampai ngak mampir di Lumpur Lapindo dan Jembatan Suramadu......abadikan moment indah ketika berada disana......dan ceritakan pengalaman anda ke Teman, Saudara, sahabata, dan siapa saja......biar mereka jadi penasaran dan bisa juga datang ke sini.........


1 komentar: